A. Apa Ilmu Statistika Itu?

Pengambilan keputusan, dari yang paling sederhana ke yang lebih rumit. Pengambilan keputusan hendaknya didasarkan atas informasi-informasi. Ilmu statistika dapat dipergunakan untuk menentukan keputusan mana yang paling baik di antara banyak pilihan keputusan berdasarkan data-data statistik. 

Statistika adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka. Pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, penyelidikan, dan kesimpulannya berdasarkan bukti yang berupa catatan bilangan (angka-angka). (KBB1, 2017).

B. Pengertian Statistik

Statistik : State = Negara. Somantri, 2006. Statistik adalah kumpulan fakta yang berbentuk angka-angka yang tersusun berbentuk table atau grafik.  Tulus Winarsunu, (2017: 1) Statistik adalah metode dan prosedur yang digunakan untuk melakukan pengumpulan, pengolahan, penafsiran dan penarikan kesimpulan pada data hasil-hasil penelitian. Ismail (2018: 7) Statistik adalah kumpulan atau himpunan angka-angka baik yang belum tersusun atau yang sudah berbentuk table atau grafik. Statistics merupakan cabang dari ilmu matematika yang mengharuskan adanya analsisi data yang diperoleh dari sampel.

C. Statistik Deskriptif dan Inferensial

Ilmu statistika dapat dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial.

Statistik Deskriptif adalah statistik yang tingkat pekerajaannya mencakup cara-cara menghimpun, menyusun atau mengatur, mengolah, menyajikan, dan menganalisi data angka, agar dapat memberikan gambaran yang teratur, ringkas dan jelas tanpa penarikan kesimpulan. Menurut, Huck (2012), Statistik Deskriptif disebut juga statistik univariat dimana statistik ini hanya digunakan untuk menganalisis satu variabel penelitian. Kadir (2015) , Statistik Deskriptif adalah pengumpulan, penganalisisan, dan penyajian sebagian atau seluruh (pengamatan) tanpa pengambilan kesimpulan.


Statistik Induktif (Inferensial) adalah statistik yang memiliki estimasi sebagai perkiraan nilai dari populasi yang diwakili oleh sampel, hipotesis sebagai dugaan awal penelitian dengan tujuan membuat kesimpulan atau prediksi dari dua variabel atau lebih (Ismail, 2018 :12). Menurut Al Ghifari (2016 : 4) statistik induktif merupakan kegiatan menganalisis dan  menginterpretasikan data untuk penarikan kesimpulan berkenaan dengan data tersebut.

D. Data

Data adalah keterangan mengenai sesuatu yang dapat berupa kualitatif dan kuantitaif. Data yaitu data terdiri dari 2 macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yaitu data yang berbentuk kata, kalimat maupun gambar. Sedangkan data kuantitatif yaitu data dalam bentuk angka, data kualitatif yang diangkakan (scoring). Sugiyono.  Menurut Arikunto data adalah sebuah fakta yang berupa angka-angka yang disusun untuk dijadikan sebuah informas yangi penting. 
  • Contoh data kualitatif : status perkawinan, pendidikan, dll
  • Contoh data kuantitatif : penghasilan, tinggi badan, dll

a. Data Berdasarkan Cara Mendapatkannya

1. Data Primer
Data primer adalah data yang didapatkan dan dikumpulkan secara langsung dari objek yang sebelumnya telah diteliti oleh suatu organisasi ataupun perorangan. Contoh : data dari hasil survey, data dari hasil wawancara,  data dari hasil  kuesioner, dll.

2. Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang bisa kita dapatkan dari sumber lain yang telah ada sebelumnya. Hal tersebut artinya di dalam data sekunder seseorang tidak perlu mengumpulkan data secara langsung dari objek yang ingin diteliti.  Contoh:data kurs rupiah terhadap dolar, data mengenai sensus penduduk,  dll.

b. Data Berdasarkan Sifat

1. Data Kualitatif
Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk simbol, gambar, atau pun bentuk verbal lain. Contoh: status perkawinan, pendidikan, dll

2. Data Kuantitatif
Data kuantitatif adalah data dalam bentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan (scoring). Contoh : penghasilan, tinggi badan, dll

c. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

1. Data Time Series
Data time series adalah data yang terkumpul dari waktu ke waktu untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan atau keadaan. Contoh : Kurs rupiah. Jumlah permintaan, dll

2. Data Cross Section
Data cross section adalah data yang terkumpul pada suatu waktu tertentu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan atau keadaan. Contoh: Data hasil ujian tahun 2022,  data kepuasan mnasabah, dll.

3. Data Panel
Data panel adalah data gabungan dari time series dan cross section. Contoh: data kemiskinan di Jawa Timur (29 Kabupaten) dari tahun 2010-2020. 

d. Data Berdasarkan level of measurable

E. Konstanta, Koefisien dan Variabel

  • Statistika inferensial biasanya dinyatakan dalam persamaan matematis.
  • Suatu persamaan biasanya terdapat konstanta, koefisien, dan variabel. 
  • Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas.
  • Koefisien adalah faktor konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar.
  • Konstanta adalah suatu bilangan tunggal yang nilainya tetap atau tidak berubah-ubah (konstan).
  • Misalkan dalam persamaan berikut: y = 3x + 5
Variabel Penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2019:68).  Variabel Penelitian juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang ditetapkan peneliti dengan tujuan untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut dan bisa ditarik sebuah kesimpulan.  Tanpa adanya variabel penelitian tidak akan mungkin dapat melakukan sebuah penelitian.



  • Variabel Kualitatif merupakan  variabel non numerik yang mencakup kualitas atau karakteristik yang dapat diamati dari suatu kelompok. 
  • Variabel Kuantitatif merupakan  variabel numerik yang dapat diekspresikan dengan nilai angka. 
  • Variabel independen adalah variabel yang mempunyai pengaruh atau menjadi penyebab terjadinya suatu perubahan pada variabel lain.
  • Variabel Dependen adalah variabel variabel yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel independen
  • Variabel moderating merupakan variabel penyela di antara hubungan variabel bebas dan tak bebas. Munculnya variabel antara setelah peneliti meneliti lebih mendalam teori yang diacu.
  • Variabel intervening merupakan variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen menjadi hubungan yang tidak langsung.
  • Variabel nominal merupakan Variabel untuk membedakan atau memberi label suatu subjek atau kategori dan tanpa tingkatan.
  • Variabel Dinamis Variabel yang dapat diubah keberadaanya (dapat diintervensi), baik pengubahan, peningkatan, atau penurunan. 
  • Variabel Statis Variabel yang tidak  dapat diubah keberadaanya (tidak dapat intervensi). 

F. Skala Pengukuran

Skala pengukuran digunakan untuk pengategorian atau penguantifikasian suatu variabel. Penggunaan skala pengukuran yang tepat akan membantu kita menghasilkan pengukuran yang akurat terhadap suatu permasalahan tertentu. Dalam statistic Terdapat empat skala pengukuran :

G. Matematika Dasar untuk Statistik

Statistika adalah cabang dari ilmu matematika yang khusus mempelajari data dan pengolahan data.
Dasar-dasar Matematika yang digunakan mencakup konsep konsep sederhana dalam pembahasan :

VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DI ATAS


REFERENSI

  • Algifari, 2016. "Statistik Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis“ Edisi-3. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  • Haryono, Eko, dkk. 2023. "Statistik SPSS 28“ . Bandung: Penerbit Widina.
  • Ismail, Fajri. 2018. "Statistik untuk Penelitian Pendidikan dan Sosisal". Jakarta: Prenada Media Group. 
  • Purnomo, Rochmat Aldy.  2016. “Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS”. Ponorogo: CV. Wade group.
  • Rini Yayuk Priyati, 2023. Statistika Ekonomi (Edisi 2), Tanggerang Selatan : Universitas  Terbuka.
  • Sugiono, 2021."Statistik Untuk Penelitian". Bandung: Alfabeta.
  • Winarsunu, Tulus. 2017. "Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan". Malang. UNMU 3.