A. PENGANTAR
        Statistik inferensial adalah metode statistik  menggunakan rumus statistik pada sampel dan hasilnya digunakan untuk generalisasi terhadap populasi. Teknik analisis statistik yang digunakan meliputi; Uji-T, ANOVA,  Regresi, Korelasi, Analisis jalur.  Semua uji tersebut jika memenuhi asumsi-asumsi yang dipersyaratkan maka disebut statistik parametrik.  Sedangkan analisis statistik inferensial yang tidak menggunakan asumsi-asumsi dikategorikan sebagai statistik non-parametrik.  Analisis statistic non-parametrik meliputi; uji tanda, ann-Whitney U dan uji Wilcoxon, Analisis varian peringkat Kruskal-Wallis, analisis varian dua jalur Friedman, koefisien korelasi peringkat spearman.


B. PENGERTIAN UJI T DUA SAMPEL INDEPENDEN
        Uji t Perbandingan Dua Sampel Independen (Independent Sampel t-Test)  adalah uji parametrik yang digunakan untuk menganalisis perbedaan mean antara dua kelompok bebas atau dua kelompok yang berbeda. Apabila hasil penelitian menunjukkan adanya signifikansi pada data kesimpulan penelitian adalah terdapat perbedaan rata-rata pada kedua sampel.Uji t perbandingan dua sampel independent terdapat dua macam: dua kelompok dengan jumlah yang sama dan dua kelompok dengan jumlah sampel berbeda. Asumsi yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
  1. Sampel penelitian dipilih secara random (random sampling)
  2. Data berdistribusi normal
  3. Varian kedua sampel sama
Uji T dua sampel independent terbagi menjadi dua:


C. UJI T UNTUK JUMLAH SAMPEL YANG SAMA
Prosedur Uji T untuk jumlah sampel yang sama adalah:

Contoh 1
Sebuah penelitian dengan judul : 

“Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Kepercayaan Siswa Diri Siswa”. 

Tujuan penelitian ini untuk mencari perbedaan antara kelas pertama yaitu dengan strategi pembelajaran Active Learning dan kelas kedua yaitu dengan metode Ceramah. Adapun data hasil angket kepecayaan diri siswa sebagai berikut:
(Ismail, 2018: 238-240)

Pembahasan:

𝟏. 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐡𝐢𝐭𝐮𝐧𝐠 𝒏𝒊𝒍𝒂𝒊 𝒕 𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 𝐬𝐞𝐜𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐚𝐧𝐮𝐚𝐥 


𝟐. 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐞𝐧𝐭𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐧𝐢𝐥𝐚𝐢 𝐭 𝐭𝐚𝐛𝐞𝐥 : 


3. 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐡𝐢𝐭𝐮𝐧𝐠 𝒏𝒊𝒍𝒂𝒊 𝒕 𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 𝑫𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑺𝑷𝑺𝑺
1. Menginput data di atas ke program SPSS dengan pengaturan variabel view dan input data view.

2. Klik Analyze – Compare Means – Independent Samples T-Test.

3. Pada jendela Independent Samples T-Test; pindahkan variabel Kepercayaan diri  ke kotak dialog Test  Variable(s), dan variabel Metode ke kolom Grouping Variable. Kemudian klik  Define Groups, dan   isikan angka 1 pada Group 1 dan isiskan angka 2 pada Group 2. Kemudian klik Continue dan OK.
4. Maka akan keluar jendela output spss sebagaimana gambar berikut.

Nilai t hitung  pada program SPSS sama dengan perhitungan Manual


D. UJI T UNTUK JUMLAH SAMPEL YANG BERBEDA
Prosedur Uji T untuk jumlah sampel yang berbeda adalah:

Contoh 2
Sebuah penelitian dengan judul (Ismail, 2018: 241-242) :

“Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Berkomunikasi siswa pada Pendidikan Agama Islam. Adapun data hasil skor kemampuan berkomunikasi siswa sebagai berikut:
Pembahasan:


𝟏. 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐡𝐢𝐭𝐮𝐧𝐠 𝒏𝒊𝒍𝒂𝒊 𝒕 𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 𝐬𝐞𝐜𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐚𝐧𝐮𝐚𝐥 

𝟐. 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐞𝐧𝐭𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐧𝐢𝐥𝐚𝐢 𝐭 𝐭𝐚𝐛𝐞𝐥 : 

3. 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐡𝐢𝐭𝐮𝐧𝐠 𝒏𝒊𝒍𝒂𝒊 𝒕 𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 𝑫𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝑺𝑷𝑺𝑺
1. Menginput data di atas ke program SPSS dengan pengaturan variabel view dan input data view.
2. Klik Analyze – Compare Means – Independent Samples T-Test.
3. Pada jendela Independent Samples T-Test; pindahkan variabel  “Kemampuan Komunikasi” ke kotak dialog Test Variable(s), dan variabel Metode ke kolom Grouping Variable. Kemudian klik  Define Groups, dan   isikan angka 1 pada Group 1 dan isiskan angka 2 pada Group 2. Kemudian klik Continue dan OK.
4. Maka akan keluar jendela output spss sebagaimana gambar berikut.
Nilai t hitung  pada program SPSS sama dengan perhitungan Manual


VIDEO PEMBELAJARAN PENJELASAN MATERI DIATAS


DAFTAR PUSTAKA
1. Sugiono, 2021."Statistik Untuk Penelitian". Bandung: Alfabeta. 2. Winarsunu, Tulus. 2017. "Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan". Malang. UNMU. 3. Ismail, Fajri. 2018. "Statistik untuk Penelitian Pendidikan dan Sosisal". Jakarta: Prenada Media Group. 4. Algifari, 2016. "Statistik Induktif". Yogyakarta: UPP STIM YKPN.