A. PENGERTIAN PENDEKATAN PENELITIAN

  • Pendekatan Penelitian adalah metode atau cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan kegunaan tertentu. Darmadi (2014, 153)
  • Menurut Sugiono (2015, 22) berdasarkan landasan filsafat, data, dan analisisnya metode penelitian terbagi menjadi 3 macam: kuantitatif, metode penelitian kualitatif, dan metode penelitian kombinasi (mixed methods).



B. PENELITIAN KUALITATIF
  • Penelitian Kualitatif adalah pendekatan yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi.
  • Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Strauss dan Corbin (2017) 
  • Pendekatan penelitian kualitatif ini bukan suatu generalisasi tetapi pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah atau fenomena.


CIRI-CIRI PENELITIAN KUALITATIF

  • Fenomena yang hanya bisa dijelaskan dan tidak bisa diukur.
  • Fenomena aktual dan teramati oleh peneliti saat berada di lapangan.
  • Proses penelitian dilakukan melalui interaksi langsung melalui observasi, wawancara, pencatatan, dan penggalian sumber-sumber yang berkaitan.
  • Data lapangan digunakan untuk menjadi bahan dalam proses perumusan teori hasil penelitian. 
  • Umumnya tanpa merumuskan hipotesis penelitian, tapi mengembangkan hipotesis kerja yang disimpulkan dari analisis terhadap data.
  • Analisis data diawali dengan memaknai data, menginterpretasi makna dan merumuskan teori.
  • Validasi dilakukan dengan triangulasi.

C. PHENOMENOLOGY RESEARCH

1. Pengertian
  • Penelitian fenomenologi adalah sebuah metodologi kualitatif yang mengizinkan peneliti menerapkan dan mengaplikasikan kemampuan subjektivitas dan interpersonalnya dalam proses penelitian eksploratori. Alase (2017) 
  • Penelitian fenomenologi adalah penelitian dimana peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi partisipan untuk mengetahui fenomena esensial dalam pengalaman hidup. Sugiono (2015)
  • Penelitian fenomenologi lebih umum tidak menggunakan hipotesis atau dugaan sementara dalam proses analisisnya.
  • Penelitian ini, mengeksplorasi pengalaman fenomena yang diteliti serta pembentukan pemahaman berdasarkan pengalaman tersebut.

2. Ciri-ciri Penelitian Fenomenologi
  • Focus pada satu fenomena utama meskipun saat di lapangan peneliti menemukan fenomena-fenomena lainnya. 
  • Informan/sampel sedikit atau kecil. 
  • Analisis data merupakan gambaran yang harus mampu merefleksikan pengalaman partisipan 
  • Menggambarkan makna dari pengalaman yang telah dijalani oleh seseorang 
  • Studi sistematis tentang subjektivitas
  • Fenomenologi berupaya untuk menggambarkan apa yang mendasari cara orang biasanya menggambarkan pengalaman

3. Contoh Penelitian Fenomenologi
  • Kebersihan Lingkungan Belajar di MI Siti Fatimah  : Penelitian Fenomenologis Siswa
  • Studi Fenomenologi tentang kesejahteraan guru non sertifikasi.
  • Busana muslim sebagai trend fashion masa depan.
  • Media Sosial sebagai ajang eksistensi dan alternatif ekonomi digital.
  • Kajian Fenomenologi Perspektif Guru terhadap Kurikulum Merdeka Belajar 
  • Kekerasan Guru dalam proses pembelajaran di SD Idola.
  • Peran Guru dan orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Sekolah Dasar

D. GROUNDED THEORY RESEARCH
1. Pengertian
  • Grounded theory adalah penelitian kualitatif yang memunculkan teori tentang proses, aksi, atau interaksi yang dibentuk oleh pandangan dari sejumlah besar partisipan. 
  • Penelitian ini berawal dari data menuju suatu teori. Bukan suatu teori atau untuk menguji teori (seperti paradigma penelitian kuantitatif).
  • Grounded research juga bukan dari teori untuk menghasilkan teori baru, melainkan berupaya menemukan teori berdasar data empiris.
  • Grounded research misalnya berawal dari kasus yang unik, berskala mikro, berlatar alami, dengan tujuan akhir untuk menghasilkan teori (generating theory) berdasarkan data, bukan untuk membuktikan teori (verifying theory).
2. Ciri-ciri
  • Proses merujuk pada urutan tindakan-tindakan dan interaksi antar manusia dan peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan sebuah topic.
  •  Instrumen pengumpul data penelitian adalah peneliti sendiri.
  • Mengembangkan teori tentang proses atau aksi.
  • Pengumpulan data melalui wawancara, percakapan, dokumen-dokumen publik, buku harian dan jurnal responden, dan catatan reflektif peneliti.
  • Peneliti terlibat dalam proses pengumpulan data, pengelompokan data, dan pembandingan informasi yang baru itu dengan kategori-kategori yang dibentuk.
  • Analisis data terstruktur dan mengikuti pola dalam memilih satu kategori untuk menjadi fokus dari teori tersebut, dan kemudian memperinci kategori tambahan untuk membentuk model teoritis.
3. Contoh Penelitian 
  • Model Pembelajaran Sains Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar
  • Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab dengan Aplikasi Android untuk siswa 
  • Analisis Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika
  • Studi Grounded Theory tentang Motivasi Perempuan Bekerja
  • Manajemen Pelayanan Nasabah di Bank Syariah Indonesia cabang Blora
  • Urgensi Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa SD 
  • Kedisiplinan Sholat tepat Waktu dalam membentuk nilai-nilai religiusitas siswa SMP.
E. ETNHOGRAPHY
1. Pengertian
  • Etnografi adalah suatu jenis metode penelitian yang dilakukan untuk mengetahui atau mempelajari kehidupan dan interaksi sosial dalam suatu kelompok sosio kultural.
  • Pengertian etnografi adalah serangkaian bentuk kajian tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik, misalnya yang berkaitan dengan adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. Richards dkk
  • Penelitian etnografi adalah penelitian di bidang sosial humaniora yang meneliti kebudayaan pada kelompok etnik budaya tertentu dalam periode waktu tertentu pula
2. Ciri-ciri
  • Penelitian etnografi memiliki ciri-ciri bertemakan budaya atau suku tertentu
  • penelitian etnografi bisa dilakukan pada 2 orang atau lebih di mana mereka memiliki persamaan sikap, bahasa, dan perilaku. 
  • Pengambilan data terjun langsung ke lapangan 
  • Sumber data bersifat ilmiah dan empiris dalam kehidupan sehari-hari
  • Konteks dalam penelitian etnografi adalah  keseluruhan setting tempat, situasi atau lingkungan yang melingkupi kelompok budaya yang diteliti.
3. Contoh Penelitian 
  • Kajian Etnografi Kebudayaan Bali dalam melestarikan Lingkungan
  • Perkembangan kebudayaan Suku Samin di Kabupaten Blora. 
  • Budaya pesantren Al Salafi dalam menerapkan kaidah pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’alim.
  • Money Politic dalam Kontestasi Politik Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Blora
  • Sekolah Alam TK Pertiwi sebagai  budaya melestarikan  pemeliharaan lingkungan.
F. CASES STUDI
1. Pengertian
  • Penelitian Studi kasus adalah penelitian empiris untuk menyelidiki dan meneliti berbagai fenomena dalam kehidupan nyata.
  • Penelitian studi kasus merupakan rangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif, sistematis dan mendalam tentang suatu fenomena dan  aktivitas, baik individu, kelompok, lembaga, atau organisasi untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang peristiwa tersebut.
  • Dalam penelitian studi kasus, eneliti yakin bahwa dari kasus tersebut akan memeproleh pengetahuan lebih lanjut dan mendalam secara ilmiah
2. Ciri-ciri
  • Berdasarkan pada investigasi mendalam terhadap satu individu, kelompok, atau peristiwa untuk mengeksplorasi penyebab prinsip-prinsip yang mendasarinya.
  • Pengumpulan data dapat berupa wawancara, dokumentasi, observasi langsung, dan artifak fisik. 
  • Kasus sebagai fenomena yang bersifat kontemporer.
  • Dilakukan berdasarkan kenyataan atau fakta yang ada.
  • Menggunakan berbagai sumber data untuk diteliti.
3. Contoh Penelitian 
  • Model Kepemimpinan Kepala Sekolah di MA An-Nur
  • Perkembangan anak  yang diasuh oleh single parent. 
  • Perkembangan karir pegawai di Bank Syariah Indonesia Cabang Blora. 
  • Kesejahteraan Ekonomi Eksternal Guru Honorer di SMA Unggul 
  • Analisis Keterampilan menggambar anak-anak kelas VI di sekolah X setelah mengikuti. 
  • Tingkat Kepuasan Pengguna terhadap alumni Perguruan Tinggi XXX. 
  • Perkembangan Religiusitas Anak dalam Pembiasaan Mendengar Al-Quran Sebelum Tidur.
  • Kepercayaan Masyarakat terhadap Polisi pasca terbongkarnya kasus Judi Online .
G. NARRATIVE
1. Pengertian
  • Penelitian Naratif adalah penelitian untuk mengeksplorasi secara mendalam tentang makna yang diberikan seseorang pada pengalaman.
  • Penelitian naratif merupakan narasi yang menceritakan urutan serangkaian peristiwa secara terperinci untuk menggambarkan kehidupan individu, mengumpulkan cerita tentang kehidupan orang-orang, dan menuliskan cerita tentang pengalaman individu
  • Contoh: otobiografi, biografi, dokumen pribadi, riwayat hidup, personal accounts, etnobiografi, otoetnografi.
2. Ciri-ciri
  • Berdasarkan Pengalaman Individual
  • Mengurutkan kronologi peristiwa
  • Penelitian Narasi menggabungkan konteks dan tempat dalam cerita
  • Pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan informal, percakapan, jurnal, surat, dll
  • Data penelitian dikodekan ke dalam tema atau kategori. 
3. Contoh Penelitian 
  • Analisis Naratif Karakter Perempuan dalam Novel “Wanita Bersurban”
  • Analisis Naratif Peran Ali dalam Film “Children of Heaven”
  • Analisis Buku Metode Cepat dalam Menghafal Al-Qur’an
  • Representasi Pesantren dalam film “3 doa 3 cinta”
H. TERAPAN
Penelitian terapan adalah penelitian yang menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari dari ilmu dasar guna memecahkan masalah.

Contoh Penelitian 
  • Buku Ajar Cerita Nabi-Nabi  Untuk Sekolah Dasar di Pedesaan
  • Penerapan Pupuk Organik untuk Tanaman Padi di Desa Tani Makmur
  • Model Mind Map dalam pembelajaran Sejarah Keislaman
H. HISTORIS
  • Penelitian historis adalah penelitian sumber-sumber yang berisi informasi mengenai masa lampau atau persoalan-persoalan sejarah dan dilaksanakan secara sistematis. 
  • Fokusnya adalah pada peristiwa masa lalu dan rekonstruksinya dengan menggunakan sumber data dan saksi yang masih ada hingga saat ini.
  • Sumber data dari kajian sejarah adalah catatan sejarah, artefak, penjelasan lisan, dan saksi yang dapat dipertanggungjawabkan. 
Contoh Penelitian 
  • Sejarah Titik dan Harokat dalam Al-Qur’an
  • Sejarah Pembangunan Ka’bah dari Masa Rosulullah hingga Saat ini.
  • Kebudayaan Islam Masa Peradaban Abbasiyah

VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DIATAS

DAFTAR PUSTAKA
  1. Sugiono, (2020). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta 
  2. Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
  3. Sujarweni, V, Wiratna, (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  4. Darmadi, Hamid. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabet