A. KLASIFIKASI JUDUL PENELITIAN

Menurut Sugiono (2015: 37), Klasifikasi Judul Penelitian berdasarkan level of explanation terdapat 5 tingkatan:


B. PENGERTIAN RUMUSAN MASALAH
  • Rumusan masalah adalah pertanyaan yang mencari sebuah jawaban melalui pengumpulan data dan juga penelitian, yang mana penelitian tersebut dapat dilakukan berdasarkan tingkat eksplanasi. (Sugiono)
  • Menurut Suriasumantri, rumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pernyataan-pernyataan apa saja yang ingin kita cari jawabannya. 
  • Berarti perumusan masalah merupakan pernyataan spesifik mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti.
  • Perumusan masalah bergantung pada judul penelitian yang telah diklasifikasikan sebelumnya.  
C. RUMUSAN MASALAH YANG BAIK
  • Pertanyaan penelitian jelas dan efektif
  • Pertanyaan spesifik yang tidak dapat dijelaskan pada judul.
  • Pertanyaan relevan dan dapat menggambarkan variabel penelitian
  • Pertanyaan bersifat researchable.
  • Pertanyaan mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti
D. MACAM-MACAM RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan klasifikasi judul penelitian, maka macam-macam rumusan masalah sebagai berikut: 

1. Deskriptif
        Masalah yang berkenaan dengan pernyataan terhadap keberadaan variabel mandiri pada satu variabel atau lebih.

Judul : “Produktivitas Kerja Karyawan KC Bank Syariah Indonesia Bojonegoro”
Rumusan Masalah : Seberapa tinggi Produktivitas kerja Karyawan KC Bank  Syariah Indonesia       Bojonegoro ?

Judul : “Studi Deskriptif Kinerja Guru dan Kepala Sekolah SMK Unggulan ”
Rumusan Masalah : 
Seberapa baik kinerja guru SMK Unggulan? 
Seberapa baik kinerja kepala sekolah SMK Unggulan? 

2. Komparatif
Permasalahan penelitian yang membandingkan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda.

Judul : “Perbandingan hasil belajar kelas A dan kelas B siswa kelas X SMA Pertiwi”
Rumusan Masalah : Adakah perbedaan hasil belajar kelas A dan kelas B siswa SMA X Pertiwi?

Judul : “Studi Komparasi minat nasabah tentang akad Mudharabah dan Akad Wadiah di BSI Bojonegoro”
Rumusan Masalah : 
Adakah perbedaan minat nasabah tentang akad Mudharabah dan Akad Wadiah di BSI Bojonegoro?

Judul : “Analisis Komparatif kepercayaan diri dan kebebasan ekspresi  anak  dalam kegiatan belajar menari dan bernyanyi siswa PAUD idola ”
Rumusan Masalah : 
    1). Adakah perbedaan kepercayaan diri anak  dalam kegiatan belajar menari dan bernyanyi siswa    
       PAUD idola?
    2). Adakah perbedaan kebebasan ekspresi anak  dalam kegiatan belajar menari dan bernyanyi siswa           PAUD idola?

3. Asosiatif
Penelitian mengenai hubungan antara dua variabel atau lebih. Hubungan tersebut bisa simetris, kausal, maupun interaktif

    3.1 Asosiatif Simetris : Penelitian mengenai hubungan antara dua variabel atau lebih muncul secara bersamaan dan tidak terjadi hubungan interaktif maupun kausal.
         
    3.2 Asosiatif Kausal : Penelitian mengenai hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. 
 
Judul : “Hubungan pendidikan orang tua dengan motivasi anak dalam proses pembelajaran ”
Rumusan Masalah
  • Adakah hubungan antara pendidikan orang tua dan motivasi anak   dalam  belajar proses pembelajaran?


Judul : “Studi korelasi perkembangan psikologis dan lingkungan keluarga dalam pembentukan karakter anak  usia 4 – 8 tahun”
Rumusan Masalah : 
  • Adakah hubungan antara perkembangan psikologis dan karakter anak usia 4 – 8 tahun?
  • Adakah hubungan antara lingkungan keluarga dan karakter anak usia 4 – 8 tahun?
  • Adakah hubungan perkembangan psikologis dan lingkungan keluarga dalam pembentukan            karakter anak  usia 4 – 8 tahun?


Judul : “Analisis Hubungan Beban Operasional Terhadap Tingkat Margin Pada Pembiayaan Murabahah di Kantor Cabang BSI Blora ”
Rumusan Masalah : 
  • Berapakah rata –rata  Beban Operasional Kantor Cabang BSI Blora?
  • Berapakah margin pembiayaan   murabahah Kantor Cabang BSI Blora ?
  • Adakah hubungan beban operasional terhadap tingkat margin pada pembiayaan                                      murabahah di Kantor Cabang BSI Blora?
    3.3 Asosiatif Interaktif: Penelitian mengenai hubungan saling mempengaruhi antara dua variabel atau lebih. 
Judul : “Hubungan interaktif antara kekayaan dan tabungan masyarakat”
Rumusan Masalah : 
  • Adakah hubungan antara kekayaan dan tabungan masyarakat?
  • Adakah pengaruh kekayaaan terhadap tabungan masyarakat ?
  • Adakah pengaruh tabungan terhadap kekayaaan masyarakat 

Judul:“Studi Komparatif  dua arah antara kualitas mengajar  dan status sertifikasi guru di SMA Idola ”
Rumusan Masalah : 
  • Seberapa baik kualitas mengajar guru di SMA Idola ?
  • Berapakah jumlah guru yang telah berstatus sertifikasi di SMA Idola ?
  • Adakah pengaruh hubungan kualitas mengajar terhadap status sertifikasi guru di SMA Idola ?
  • Adakah pengaruh hubungan status sertifikasi guru terhadap kualitas mengajar i guru di SMA Idola ?
4. Struktural 
Masalah penelitian hubungan var. independen dan dependen yang melibatkan variabel intervening (penyela).
Judul : “Pengaruh Integritas Pemimpin dan Kualitas Manajemen terhadap Kualitas Pembelajaran yang berdampak pada Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka ”
Rumusan Masalah : 
  1. Seberapa baik Integritas Pemimpin di Perguruan Tinggi Merdeka?
  2. Seberapa baik Kualitas Manajemen di Perguruan Tinggi Merdeka? 
  3. Seberapa baik Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi Merdeka?
  4. Adakah Pengaruh Kualitas Pembelajaran terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka? 
  5. Adakah pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
  6. Adakah pengaruh langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
  7. Adakah pengaruh tidak langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka
  8. Adakah pengaruh tidak langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka
  9. Seberapa besar pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
  10. Seberapa besar pengaruh langsung Kualitas Pembelajaran terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
  11. Seberapa besar pengaruh langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
  12. Seberapa besar pengaruh tidak langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
  13. Seberapa besar pengaruh tidak langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
E. HIPOTESIS PENELITIAN
  • Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian yang didasarkan pada teori yang relevan.  (Sugiono, 2015)
  • Peneliti tidak boleh mempunyai keinginan kuat agar hipotesisnya terbukti dengan cara mengumpulkan data yang hanya bisa membantu memenuhi keinginannya, atau memanipulasi data sedemikian rupa sehingga mengarah keterbuktian hipotesis.
  • Konsekuensi Hipotesis yang sudah dirumuskan peneliti adalah :
  1. Menerima keputusan apabila hipotesisnya benar. (Hasil penelitian)
  2. Menerima keputusan seperti apa adanya seandainya hipotesisnya tidak terbukti (Hasil penelitian).
  3. Mengganti hipotesis seandainya melihat tanda-tanda bahwa data yang terkumpul tidak mendukung terbuktinya hipotesis (pada saat penelitian berlangsungan).
MACAM-MACAM HIPOTESIS

𝐻0 : Hipotesis yang belum diyakini peneliti terhadap teori yang dipakai. 
Misal ; tidak ada, tidak ada perbedaan, tidak ada hubungan, tidak ada pengaruh, dll
𝐻1 : Hipotesis yang telah diyakini peneliti terhadap teori yang dipakai. 
Misal ; ada, ada perbedaan, ada hubungan, ada pengaruh, dll

CONTOH CONTOH HIPOTESIS
1. Hipotesis Deskriptif

Judul : “Studi Deskriptif Kinerja Guru dan Kepala Sekolah SMK Unggulan ”
Rumusan Masalah :  Seberapa baik kinerja guru SMK Unggulan? 
Hipotesis :
𝐻0: Nilai kinerja guru SMK Unggulan ≤ 70% 
𝐻1 : Nilai kinerja guru SMK Unggulan > 70% 


Judul : “Produktivitas Kerja Karyawan KC Bank Syariah Indonesia Bojonegoro”
Rumusan Masalah : “Seberapa tinggi Produktivitas kerja Karyawan KC Bank  Syariah Indonesia       Bojonegoro ”
Hipotesis :
𝐻0: Produktivitas Kerja Karyawan KC Bank Syariah Indonesia Bojonegoro dibawah standar
𝐻1 : Produktivitas Kerja Karyawan KC Bank Syariah Indonesia Bojonegoro sesuai                 atau melebihi standar

2. Hipotesis Komparatif
Judul : “Perbandingan hasil belajar kelas A dan kelas B siswa kelas X SMA Pertiwi”
Rumusan Masalah : Adakah perbedaan hasil belajar kelas A dan kelas B siswa SMA X Pertiwi?
Hipotesis :
𝐻0 : Tidak ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar kelas A dan kelas B siswa kelas X SMA Pertiwi
𝐻1 : Ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar kelas A dan kelas B siswa kelas X SMA Pertiwi

Judul : “Studi Komparatif Kepuasan nasabah pada akad Mudharabah dan Akad Wadiah di BSI Rembang”
Rumusan Masalah : 
Adakah perbedaan kepuasan nasabah pada akad Mudharabah dan Akad Wadiah di BSI Rembang?
Hipotesis :
𝐻0 : Tidak ada perbedaan kepuasan nasabah pada akad Mudharabah dan Akad Wadiah di BSI Rembang
𝐻1 : Ada perbedaan kepuasan nasabah pada akad Mudharabah dan Akad Wadiah di BSI Rembang

3. Hipotesis Asosiatif
Judul : “Hubungan antara kemandirian berwirausaha dan perkembangan psikologis masyarakat ”
Rumusan Masalah : 
Adakah hubungan antara kemandirian berwirausaha dan perkembangan religiusitas masyarakat?
Hipotesis :
𝐻0 : Tidak ada hubungan antara kemandirian berwirausaha dan perkembangan religiusitas masyarakat 
𝐻1 : Ada hubungan antara kemandirian berwirausaha dan perkembangan religiusitas masyarakat

Judul : “Hubungan pendidikan orang tua dengan motivasi anak dalam proses pembelajaran ”
Rumusan Masalah : Adakah hubungan antara pendidikan orang tua dan motivasi anak   dalam  belajar proses pembelajaran?
Hipotesis :
𝐻0 : Tidak ada hubungan antara pendidikan orang tua dan motivasi anak   dalam  belajar proses          pembelajaran
𝐻1 : Ada hubungan antara pendidikan orang tua dan motivasi anak   dalam  belajar proses              pembelajaran

4. Hipotesis Asosiatif

Judul : “Studi Komparatif  dua arah antara kualitas mengajar  dan status sertifikasi guru di SMA Idola ”
Rumusan Masalah : 
  1. Seberapa baik kualitas mengajar guru di SMA Idola ?
  2. Berapakah jumlah guru yang telah berstatus sertifikasi di SMA Idola ?
  3. Adakah pengaruh hubungan kualitas mengajar terhadap status sertifikasi guru di SMA Idola ?
  4. Adakah pengaruh hubungan status sertifikasi guru terhadap kualitas mengajar guru di SMA Idola ?
  • Hipotesis Rumusan Masalah 1 :
𝐻0 : Kualitas mengajar guru di SMA Idola dibawah rata-rata.
𝐻1 : Kualitas mengajar guru di SMA Idola dibawah sama dengan atau lebih dari rata-rata.
  • Hipotesis Rumusan Masalah 2 :
𝐻0 : Jumlah guru yang telah berstatus sertifikasi di SMA Idola ≤ 50%  .
𝐻1 : Jumlah guru yang telah berstatus sertifikasi di SMA Idola > 50% .
  • Hipotesis Rumusan Masalah 3:
𝐻0 : Tidak ada pengaruh hubungan kualitas mengajar terhadap status sertifikasi guru di SMA Idola
𝐻1 : ada pengaruh hubungan kualitas mengajar terhadap status sertifikasi guru di SMA Idola 
  • Hipotesis Rumusan Masalah 4 :
𝐻0 : Tidak ada pengaruh hubungan status sertifikasi guru terhadap kualitas mengajar guru di SMA Idola .
𝐻1 : Ada pengaruh hubungan status sertifikasi guru terhadap kualitas mengajar guru di SMA Idola .

5. Hipotesis Struktural
Judul : “Pengaruh Integritas Pemimpin dan Kualitas Manajemen terhadap Kualitas Pembelajaran yang berdampak pada Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka ”
Rumusan Masalah : 
1. Seberapa baik Integritas Pemimpin di Perguruan Tinggi Merdeka?
2. Seberapa baik Kualitas Manajemen di Perguruan Tinggi Merdeka? 
3. Seberapa baik Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi Merdeka?
4. Adakah Pengaruh Kualitas Pembelajaran terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka? 
5. Adakah pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
6. Adakah pengaruh langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
7. Adakah pengaruh tidak langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
8. Adakah pengaruh tidak langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
9. Seberapa besar pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
10. Seberapa besar pengaruh langsung Kualitas Pembelajaran terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
11. Seberapa besar pengaruh langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
12. Seberapa besar pengaruh tidak langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?
13. Seberapa besar pengaruh tidak langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka?

Hipotesis Rumusan Masalah 1 :
𝐻0 : Integritas Pemimpin di Perguruan Tinggi Merdeka.
𝐻1 : Integritas Pemimpin di Perguruan Tinggi Merdeka 
Hipotesis Rumusan Masalah 2 :
𝐻0 : Kualitas Manajemen di Perguruan Tinggi Merdeka.
𝐻1 : Kualitas Manajemen di Perguruan Tinggi Merdeka.
Hipotesis Rumusan Masalah 3:
𝐻0 : Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi Merdeka
𝐻1 : Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi Merdeka
Hipotesis Rumusan Masalah 4 :
𝐻0 : Tidak ada Pengaruh Kualitas Pembelajaran terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.
𝐻1 : Ada Pengaruh Kualitas Pembelajaran terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.
Hipotesis Rumusan Masalah 5 :
𝐻0 : Tidak ada pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.
𝐻1 : Ada Pengaruh pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.
Hipotesis Rumusan Masalah 6 :
𝐻0 : Tidak ada pengaruh langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.
𝐻1 : Ada pengaruh langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.

Hipotesis Rumusan Masalah 7 :
𝐻0 : Tidak ada pengaruh tidak langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.
𝐻1 : Ada pengaruh tidak langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka
Hipotesis Rumusan Masalah 8 :
𝐻0 : Tidak ada pengaruh tidak langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.
𝐻1 : Ada pengaruh tidak langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka.
Hipotesis Rumusan Masalah 9:
𝐻0 : Pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka ≤ 0,5
𝐻1 : Pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka > 0,5 
Hipotesis Rumusan Masalah 10 :
𝐻0 : Pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka ≤ 0,5 .
𝐻1 : Pengaruh langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka > 0,5 .
Hipotesis Rumusan Masalah 11 :
𝐻0 : Pengaruh langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka ≤ 0,5 .
𝐻1 : Pengaruh langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka > 0,5 .
Hipotesis Rumusan Masalah 12 :
𝐻0 : Pengaruh tidak langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka ≤ 0,5 .
𝐻1 : Pengaruh tidak langsung Integritas Pemimpin terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka > 0,5 .
Hipotesis Rumusan Masalah 13 :
𝐻0 : Pengaruh tidak langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka ≤ 0,5 .
𝐻1 : Pengaruh tidak langsung Kualitas Manajemen terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Merdeka > 0,5 .

VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DIATAS

DAFTAR PUSTAKA
  1. Sugiono, (2020). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta 
  2. Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
  3. Sujarweni, V, Wiratna, (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press