A. MASALAH PENELITIAN

1. Pengertian Masalah Penelitian
  • Menurut Notoatmodjo masalah penelitian adalah suatu kesenjangan antara yang seharusnya dengan apa yang terjadi tentang sesuatu hal, atau antara kenyataan yang ada atau terjadi dengan yang seharusnya ada atau terjadi serta antara harapan dan kenyataan.
  • Masalah penelitian dapat mempertimbang faktor Internal dan eksternal (Arikunto):
2. Pemilihan Masalah Penelitian
Dalam pemilihan masalah atau judul penelitian, juga dapat mempertimbangkan hal-hal berikut:  
3. Macam – macam Masalah Penelitian
Menurut Arikunto, masalah penelitian terbagi menjadi 3 jenis: 
  • Masalah untuk mengetahui status dan mendiskripsikan fenomena. Biasanya dalam bentuk penelitian deskriptif. Contoh: pendapat guru tentang merdeka belajar, tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan P3K, ekonomi masyarakat pasca covid  dll.
  • Masalah untuk membandingkan 2 atau lebih (problema komparasi). Contoh: perbandingan hasil belajar, perbandingan media atau model pembelajaran,  dll.
  • Masalah untuk mencari hubungan (problema korelasi). Contoh: masalah hubungan pendidikan orang tua dengan prestasi siswa, pengaruh media Handphone terhadap sikap kemandirian siswa,  dll.
B. JUDUL PENELITIAN
1. Unsur-unsur Judul
Setelah peneliti menetapkan masalah penelitian, maka langkah selanjutnya adalah membuat  judul penelitian yang mencakup:

2. Fungsi Judul Penelitian 
  • Informasinya yang lengkap agar dengan melihat judul saja sudah dapat menggambarkan isi penelitian yang dilakukan. 
  • Dapat dinilai apakah isinya bagus atau tidak, menarik atau tidak, sesuai kebutuhan atau tidak.
  • Memudahkan pencarian tema, kategori, referensi, atau bidang tertentu bagi pembaca.
  • Menarik minat pembaca
3. Penulisan Judul yang baik. 
  • Bahasa judul sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
  • Menggunakan ukuran huruf lebih besar, kadang diberi bold atau dicetak tebal
  • Bahasa yang jelas dan tegas
  • Efisien kata atau singkat tanpa menggangu unsur kelengkapan
4. Contoh-contoh Judul Penelitian 

Contoh 1: 
Masalah : Perubahan kurikulum terbaru, kurikulum merdeka belajar bagi guru…
Judul : Pendapat Guru se- Kab. Blora terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022

Contoh 2: 
Masalah : rata-rata hasil belajar siswa yang kurang memuaskan saat ujian mata pelajaran matematika…
Judul : Studi Komparatif Model Pembelajaran Active Learning dengan Model Pembelajaran Ceramah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Sukses Tahun 2022.

Contoh 3: 
Masalah : Tingginya tingkat penggunaan Handphone bagi pelajar, banyaknya siswa yang membawa HP ke ruang kelas, dll 
Judul : Pengaruh Media Handphone terhadap Sikap dan Kemandirian Siswa Kelas X SMA SUKSES Tahun 2022 

Contoh 4: 
Masalah : Kurang tertibnya siswa PAUD Sukses saat belajar mengaji dan perlunya inovasi model pembelajaran permainan.  
Judul : Penerapan Model Bermain Pasangan Kartu dalam Mengenalkan Huruf-huruf Hijaiyah Siswa Paud Pertiwi Tahun 2022 .

C. STUDI PENDAHULUAN
1. Pengertian Studi Pendahuluan
  • Studi pendahuluan merupakan studi yang dilakukan untuk memperoleh informasi awal tentang penelitian untuk mempertajam arah dan kelayakan penelitian.
  • Studi pendahuluan merupakan studi yang dilakukan untuk mempertajam arah studi utama.
  • Hasil studi pendahuluan dapat merubah prosedur penelitian, mempertajam pengukuran, meningkatkan kepercayaan asumsi, dan desain yang lebih mantap dari studi utama. 
2. Manfaat Studi Pendahuluan
  • Mengetahui penelitian kita secara mendalam,
  • mengetahui sumber data informasi yang dituju, 
  • mengetahui metode analisis data yang tepat, 
  • mengetahui pengambilan kesimpulan dan memanfaatkan hasil
Contoh untuk judul penelitian: 
“Studi Komparatif Model Pembelajaran Active Learning dengan Model Pembelajaran Ceramah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Sukses Jawa Tengah Tahun 2022”
Setelah melakukan studi pendahuluan, maka setidaknya kita dapat menjawab pertanyaan sederhana berikut?  
Apakah judul kita sudah terlalu banyak diteliti atau belum (terkait variabel, Subjek, Objek, dan lainnya) ?  (Misalkan, masih minim dan perlu dilakukan penelitian)
Bagaimana cara mendapatkan data? (tes siswa kelas X SMA Sukses)
Bagaimana cara melakukan analisis data? (Uji Perbandingan, uji perbedaan)
Bagaimana kemungkinan kesimpulan yang akan didapat? (Model active learning lebih baik dari pada model ceramah, atau Model active learning tidak lebih baik dari pada model ceramah, terdapat perbedaan)

3. Cara Melakukan Studi Pendahuluan


VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DIATAS

DAFTAR PUSTAKA
  1. Sugiono, (2020). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta 
  2. Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
  3. Sujarweni, V, Wiratna, (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press