DAFTAR ISI :
A. Pengertian
B. Prosedur Uji T Dua Sampel Independen
C. Mencari Nilai T Hitung Secara Manual
D. Mencari Nilai T Hitung Dengan SPSS
E. Uji Alternatif Mann Whitney
A. PENGERTIAN
Uji T Perbandingan Dua Sampel Independen (Independent Sampel t-Test) adalah uji parametrik yang digunakan untuk menganalisis perbedaan mean antara dua kelompok bebas atau dua kelompok yang berbeda (Haryono, dkk, 2023 : 83). Jika hasil penelitian menunjukkan adanya signifikansi, maka kesimpulan penelitian adalah terdapat perbedaan rata-rata pada kedua sampel. Asumsi yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
- Sampel penelitian dipilih secara random (random sampling)
- Data berdistribusi normal
- Varian kedua sampel sama
B. PROSEDUR UJI T DUA SAMPEL INDEPENDEN
Prosedur Uji Perbandingan Dua Sampel Dependen adalah sebagai berikut :
- Menentukan nilai 𝑡_𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 : 𝑑𝑘 = 𝑛1 _+ n2 , dan 𝛼
- Penarikan kesimpulan :
- Jika 𝑡_ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔< 𝑡_𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka terima 𝐻0
- Jika 𝑡_ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡_𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka terima 𝐻1
Contoh Latihan
Sebuah penelitian dengan judul (Ismail, 2018: 238) :
“Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Kepercayaan Siswa Diri Siswa”
Tujuan penelitian ini untuk mencari perbedaan antara kelas pertama yaitu dengan strategi pembelajaran Active Learning dan kelas kedua yaitu dengan metode Ceramah. Adapun data hasil angket kepecayaan diri siswa sebagai berikut:
1. Menentukan Hipotesis Penelitian:
𝐻0 : Tidak ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang diberi strategi pembelajaran Active Learning dengan metode ceramah.
𝐻1 : Ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang diberi strategi pembelajaran Active Learning dengan metode ceramah.
2. Menentukan Tarat Signifikansi : misalkan kita pilih 𝛼 = 5%
3. Menentukan nilai
(lihat cara perhitungan manual dan SPSS)
4. Menentukan nilai 2,048 dengan 𝑑𝑘= 𝑛_1+𝑛_2−2= 15+15−2=28 dan taraf siginifikansi 𝛼 = 5% (lihat cara mencari nilai t tabel )
5. Pengambilan Kesimpulan :
Karena 𝒕_𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 (1,974) < 𝒕_𝒕𝒂𝒃𝒆𝒍 (2,048) → maka terima 𝐻0
Sehingga Kesimpulannya :
Tidak ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang diberi strategi pembelajaran Active Learning dengan metode ceramah.
C. MENCARI NILAI T HITUNG SECARA MANUAL
Berikut cara untuk mencari nilai – t hitung secara manual :
Setelah itu kemudian dihitung nilai-nilai berikut:
D. MENCARI NILAI T-HITUNG DENGAN SPSS
1. Menginput data di atas ke program SPSS dengan pengaturan variabel view dan input data view.
4. Maka akan keluar jendela output SPSS sebagaimana gambar berikut.
INTERPRETASI:
Cara 1
Karena 𝐭 𝐡𝐢𝐭𝐮𝐧𝐠 (1,974) < 𝒕 𝒕𝒂𝒃𝒆𝒍 = 2,048 → maka terima H0
Kesimpulan :
Tidak ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang diberi strategi pembelajaran Active Learning dengan metode ceramah.
Cara 2
Pada Tabel Independent Samples Test menunjukkan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,058 > 0,05. → maka terima H0
Kesimpulan :
Tidak ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang diberi strategi pembelajaran Active Learning dengan metode ceramah.
E. UJI ALTERNATIF MANN WHITNEY
Uji Mann-Whitney adalah uji nonparametrik yang menganalisis signifikansi perbedaan antara dua kelompok yang berbeda (independen). Uji ini merupakan alternatif dari uji independent sample t test (Sugiyono, 2021 : 136). Beberapa ketentuan untuk melakukan test ini;
- Data tidak berdistribusi normal,
- Data berasal dari populasi yang berbeda.
- Data berskala rasio, interval, atau ordinal.
Kriteria pengambilan keputusan uji Mann-Whitney yaitu; jika nilai Sig. < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata dari masing-masing kelompok. Sebaliknya, jika nilai Sig. > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata dari masing-masing kelompok (Haryono dkk, 2023 : 124).
Misalkan data pada kasus sebelumhya tidak memenuhi asumsi normalitas atau homogenitas , maka akan dilakukan uji alternatif yaitu Uji Mann Whitney.
2. Klik Analyze – Nonparametrics Test – Legacy Dialogs – 2 Independent Samples.
3. Pada jendela Independent Samples T-Test; pindahkan variabel Kepercayaan diri ke kotak dialog Test Variable(s), dan variabel Metode ke kolom Grouping Variable. Kemudian klik Define Groups, dan isikan angka 1 pada Group 1 dan isikan angka 2 pada Group 2. Kemudian klik Continue dan OK.
4. Maka akan keluar jendela output spss sebagaimana gambar berikut.
Interpretasi dari output pada tabel Ranks menunjukkan bahwa Mean Rank Active Learning sebesar 18,63, sedangkan Ceramah sebesar 12,37. Sedangkan pada tabel Test Statistics, nilai Asymp. Sig (2-Tailed) sebesar 0,051 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Tidak ada perbedaan kepercayaan diri siswa yang diberi strategi pembelajaran Active Learning dengan metode ceramah.
VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DI ATAS
DAFTAR PUSTAKA
- Algifari, 2016. Statistik Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis“Edisi-3. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
- Cahyomo, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto; Yasamas.
- Haryono, Eko, dkk. 2023: "Statistik SPSS 28“ . Bandung: Penerbit Widina.
- Ismail, Fajri. 2018. "Statistik untuk Penelitian Pendidikan dan Sosisal". Jakarta: Prenada Media Group.
- Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
- Sugiono, 2021. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wade group.
- Sugiyono, 2021. Statistik untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta
- Winarsunu, Tulus. 2017. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang. UNMU 3.
1 Comments
Pak mau tanya, materi untuk uji dua sampel berpasangan (paired sample t-test) adakah?. Makasih sebelumnya🙏
ReplyDelete